Laman

Selasa, 16 Maret 2010

==========================Diponegoro…


Berkali Akku mengatakan bahwa perasaan sayang terhadap suatu hal itulah yang menjadikan diri kita bertahan atas apa yang kita pertahankan. Dan Akku tak ‘kan bosan mengatakan bahwa Akku menyayangi kampus Kku dengan sangat.

Beberapa waktu lalu, saat kelas MKI (masyarakat kesenian sastra) kalo ga salah juga, dosen kami cerita tentang apa ya, Akku lupa, yang Akku ingat Cuma satu: setelah kuliah ini Akku ingin menuliskan sesuatu, sesuatu untuk kampus Akku, Undip.

Kalian, ingat ga tentang berbagai macam perang yang telah terjadi di Negara kita bertahun-tahun yang lalu? Perang Aceh, Perang Babad, Perang … perang… huhh! Ngakunya anak IPS, nama-nama perang ajaa, Cuma namanya, gak hapal. Berlebihan tau! HHE
*
Tapi whatever! Yang Akku mau ingat dan ceritakan di sini Cuma satu, yaitu Perang Diponegoro. Perang Diponogoro adalah perang yang terjadi pada tahun 1825-1830, ya lima tahun perang itu berlangsung, dan hasilnya, kita semua yang sempet belajar sejarah di SMA pasti inget, bahwa Perang Diponegoro berhasil menguras kas Negara kepunyaan BELANDA! It’s amazing, right? Ofcourse!

Sejarah tentang Perang Diponegoro yang secara ga langsung juga mengisahkan tentang tokoh utama yaitu Pangeran Diponegoro, menarik pikiran Akku untuk bertanya, “adakah ini merupakan salah satu alasan kenapa kampus tercinta Akku dinamakan Universitas Dionegoro?”

Akku ga perlu jawaban, Karena sebuah kesimpulan telah teraklamasi.
Walaupun Akku ga menyaksikan gimana perang itu berlangsung, setidaknya Aku bisa membayangkan betapa Pangeran Diponegoro adalah orang yang luar biasa, berhasil membuat Belanda kalang kabut kehabisan biaya untuk perang (walaupun sebenarnya ini menimbulkan dampak lebih negative lagi, yaitu munculnya cultur stelsel yang merugika rakyat Indonesia pada masa itu). Pasti Pangeran Diponegoro adalah orang yang memiliki kecerdasan luar biasa, dan Akku pikir, ini menjadi salah satu point reason pertanyaan Akku tadi.
Ini pendapat, dari seoang Akku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar