Laman

Selasa, 23 Maret 2010

======================Antara sastra dan perantaranya

Di era modern seperti sekarang ini, hampir semua aspek nya berkaitan dengan teknologi. Aspek sosial, ekonomi, politik, budaya, agama, pendidikan dan lainnya, tidak mungkin melepaskan diri dari tuntutan teknologi.  Pada hakikatnya teknologi adalah suatu cara yang digunakan baik oleh instansi atau perorangan untuk mendapatkan nilai guna lebih atas apa yang dimilikinya, dengan kata lain teknologi adalah alat untuk berinovasi. Teknologi pun banyak macam dan manfaatnya, tergantung kebutuhan.
Salah satu cabang teknologi yang paling popular adalah teknologi informasi. Dan diantara sekian banyak penggunanya, sastra menjadi pihak yang tak terlewatkan dari daftar. Dunia sastra terbagi atas beberapa bagian yang kesemuanya tidak mungkin bernilai tanpa adanya peran dari teknologi informasi.
Misalnya saja karya sastra berupa novel, antologi puisi dan cerpen, karya sastra ini hanya akan menjadi tulisan tak bernyawa jika tidak menemukan pembacanya. Sedangkan untuk mempertemukan karya sastra dan pembacanya, dibutuhkan peran serta teknologi informasi.
Cara yang digunakan TI pun sekarang sudah sangat beragam. Mulai dari pamflet, baliho, siaran radio, televisi, media internet dan banyak lagi yang lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar