Laman

Kamis, 04 Agustus 2011

Gara-gara Gera(ha)m Bag. 1



Well, harusnya ini aku posting 2 hari yang lalu pas tarawih malam kedua. Malam itu kejadian banget aku ga tarawih di masjid. Kepikirannya sih dari 15 menit sebelum buka puasa –pertama- ramadhan kali ini. Tiba-tiba aja geraham kananku (eh, geraham tuh cuma ada di bawah atau di atas juga ada ya?) ngilu. Pas ngaca, baru nyadar, ternyata putih-putih di bawah geraham adalah gigi tumbuh –yang kubiarin selama bertahun-tehun. Tau? Seingetku terakhir kali cabut gigi adalah SMP. Beneran ya selama SMA aku ga pernah cabut gigi?
Cerita dikit, jadi dulu SMP-ku itu deket banget sama puskesmas, jadilah kalo cabut gigi aku selalu berangkat sendiri. Terakhir dianter Ibu tuh kelas 6SD- karena emang harus naik angkot dulu- setelahnya aku berani sendirian –karena emang jaraknya deket. Inget banget deh, dulu (SMP) aku bisa dibilang rutin ke puskesmas untuk masalah gigi – sampe dokternya hapal. Bukan perawatan, tapi cabut gigi karena gigiku pada bolong-bolong. Jujur aku rajin sikat gigi (sebelum tidur) itu pas kuliah, itupun karena temenku anak Fakultas Kesehatan Masyarakat (iya emang parah banget). Itu sih cerita pendek tentang asal-usul freaknya gigiku di masa ini, karena kesalahan di masa lalu.
Balik lagi. Jadi jam 7 malam aku berangkat ke klinik terdekat –setelah sebelumnya mikir cukup lama: ada ga ya klinik gigi yang buka jam segini?- hello, ini bulan ramadhan, kalo Islam pasti dokternya tarawih, ya walaupun bisa juga sih tarawih di rumah. Tapi terserah deh, yang jelas aku bersyukur pas nyampe di klinik ketemu dokternya.
Sebenernya PINGIN banget nyeritain gimana 90 menit mendebarkan sepanjang sejarah acara cabut gigiku, tapi sumpah ga sanggup. Yang jelas ini adalah acara cabut gigi ‘tersadis’ yang pernah kualami –setelah beberapa tahun ga cabut gigi. Yang paling aku inget adalah, dokternya menggunakan seluruh kekuatan untuk nyabut gerahamku –yang katanya masih gigi susu. SAKIT BANGET! Walaupun udah dibius. Ga ngerti deg tuh gigi maunya apa, atasnya udah sompel sana-sini tapi akarnya masih kuat. Ampe berdarah-darah mulutku (ini serius). Sebenernya sebelum nyabut yang sompel itu, dokternya udah nyabut gigi geraham lain, tapi bedanya yang pertama udah goyang jadi ga ampe 5 menit udah lepas. So, sisanya – sejaman lebih digunain cuma untuk berusaha ngelepas gigi kedua. Dan akhirnya ga lepas juga, minggu depan aku disuruh balik lagi. Entah itu trik atau apa, tapi agaknya emang gigiku keras banget.
Ga ngerti kenapa aku dilahirkan dengan satu masalah yaitu gigi. Alhamdulillah aku ga dikasih semacam penyakit berat sama Allah, tapi gigiku ini bakal jadi sumber masalah kalo udah waktunya cari masalah. Misalnya waktu udara dibawah 18 derajat celcius.
Huh. Aku ngetik ini pas pulang dari klinik. Biusnya masih ada, tapi nyerinya udah mulai kerasa nih. Pendarahannya pun agaknya masih jalan. Malah kata dokternya besok pagi baru kelar ebusett. Yaudalah, aku mau tarawih dulu. “Sukses ya, semoga puasanya lancar”, kata dokternya setelah aku bayar. Amin.   
firasatku kejadian. ini tepat hari kedua setelah tragedi cabut gigi itu. sudut kanan bibirku lecet. kalo yang gatau pasti ngiranya aku sariawan. aku lanjut ke posting selanjutnya aja yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar