Laman

Minggu, 20 April 2014

Walk In Interview, Apa ini?

Apa perbedaan antara interview dan walk in interview? Bedanya, interview selalu diawali dengan proses agak lama sejak penyerahan berkas lamaran. Hanya kandidat terplilih dari seleksi berkas yang akan menjalani interview. Sementara walk in interview tidak disertai proses yang bisa makan waktu berharihari bahkan bermingguminggu tersebut. Dalam walk in interview, peserta datang membawa cv dan langsung hari itu juga diinterview. Jadi, walk in interview bisa menyita waktu seharian. Berikut ini ada beberapa saran bagi yang akan menjalani interview walk in.

  1. Datanglah minimal 1 jam sebelum jadwal dimulai supaya bisa dapat nomor antrean yang pangkal. Kecuali bisa dapat teman ngobrol dan sedang gak ada agenda lain, berada di antrean belakang itu betulbetul buang waktu. 
  2. Bawa air minum dan cemilan secukupnya. Bawa juga alat sholat sendiri supaya gak masuk dalam antrean lain di mushola kalau pas dapat giliran interview siang.
  3. Gunakan outfit formal sederhana, tampilan yang "berlebihan" kadang hanya akan mengundang cibiran. Ingatlah bahwa sebelum keluar dari ruang interview, semua peserta berstatus sama.
  4. Khusus perempuan, hindari high heels karena hanya akan menyiksa diri sendiri. 
  5. Ambil peluang untuk menyapa, minimal senyum duluan ke orang lain. Percayalah, gak ada satu pun 'orang' yang siasia dalam hidup kita, meski oranggila sekalipun. Mereka pasti messenger dari Tuhan yang akan memberi kita pelajaran baik sekarang atau di masa depan. Dapatkan sebanyakbanyak teman baru, dan jangan lupa, minta kontak personnya.
  6. Jaga sikap, jangan ngomong seenak jidat terutama di area yang rentan petugas/karyawan setempat.
  7. PERCAYA DIRI tapi jangan sampai tinggi hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar