Laman

Jumat, 20 Agustus 2010

============ 1st BUBARAN in my life

Di puasa hari ke 9 kemaren, ga ada angin ga ada ujan tiba-tiba om ku ngajakin bubaran di rumah mbah putri. Kalo ditanya, ya jawabannya seneng BANGET lah, secara ini pertama kalinya selama aku masuk dalam daftar anggota keluarga besar Marto Pawiro (alm ) 18 tahun belakangan ^^.

Jadi, kabar itu nyampe sekitar jam dua-an siang. You know what? Bapak nya aku adalah orang yang paling semangat dengan yang namanya aktivitas menyiapkan buka puasa. Jadilah, siang menjelang sore itu langsung ngajak mama ke pasar.
Sekitar jam lima-an aku baru nyampe di rumah mbah (hha, padahal naek motor ga nyampe lima menit ). Aku milih sendiri kerjaan untuk bikin tajil, bapak bikin sambel terasi, mama, dan tante semuanya bikin makanan berat, sedangkan om entah pada kemana, hha* dasar om-om . Oiya, bapak jago banget kalo bikinsambel terasi, yah emang dasarnya suka masak sih. Jadi menu besar nya adalah ayam dan ikan bakar, ga lupa lalapannya daun singkong, terong apel dan timun.
Akhirnya bedug.

Ada tiga tahap di bubaran kita ini,
Pertama menyantap sup buah ala desta
Trus rujak tahu
Dan yang terakhir abis sholat maghrib barulah makan besar
Hosh. Hosh. Mantap dah, pedassssnya 

Oia, pas orang-orang lagi pada berbuka puasa, aku menemukan satu kejadian.
Si I’in, sepupuku yang umurnya 8 tahun, dia malah nyangkut di bangku depan, di bawah pohon sirsak. Hhi. Aku teriak pelan
Aku: “In, kamu ngapain di situ, kok ga ikut buka?” kataku sambil ngangkutin beberapa mangkuk sup buah

I’in: “Gak lah, gak puasa”
Aku: ??? (anak seusia dia udah bisa memposisikan dirinya keg gitu? Ckck)
Trus aku masuk ke ruang tengah, ditengah riwehnya orang-orang yang lagi pada buka, aku bilang ke om Basir (Ayahnya I’in)
Aku : “Om, tuh si I’in masih nongkrong diluar, katanya gak mau buka puasa gara-gara gak puasa”
Eh, malah pada ketawa.

Ternyata ada udang di balik rujak tahu. Yujuan dari bubaran itu adalah untuk membahas suatu hal. Nah, pas udah jam setengah sembilanan, diskusi selesai. Satu-satu pun berpamitan pulang. Yang pertama adalah keluarganya om Nunung, om ku satu ini punya dua anak, Bagus (13th) dan Indah (6th). Sebelum pulang, ada kebiasaan yang gak pernah ilang sampe sekarang di keluarga besar kami, yaitu cium tangan. Yah, bayangin aja dah sendiri, di acara ini dari 9 orang anaknya mbah, Cuma 2 yang absen, dan dari yang dating itu membawa paling sedikit dua orang anak, hha.
Akhirnya om Prapto nyeletuk ke anaknya yang berusia setahunan, katanya:
“Makanya kita pulang terakhiran aja, biar sepi”
HAHAHA*

Oiya, Mama adalah anak kedua di keluarga besar kami. Sedangkan anak pertama tinggal di Lampung Barat, jadi selama ini yang jadi anak tertua di lingkungan saudaraku adalah Mama. Itulah kenapa selama anaknya Pakde gak maen ke rumah, gak aka nada yang manggil orangtuaku Om-Tante, selalu Pakde-Bude, begitu pun kami, selalu dipanggil Mas-Mbak. Mungkin kalo ini sih wajar ya, tapi segalanya berubah jadi gak wajar pas adikku, si Adfa lahir. Walau pun dia adalah anggota termuda (7bulan) di keluarga besar kami, tapi selama Pakde dan keluarganya gak ada, Adfa akan selalu menyandang gelar “Mas” di belakang namanya.
Hhi* kasian ama sepupuku yang bahkan uda kelas 3 SMA kudu manggil adekku, Mas Adfa
Wakawaka :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar