Laman

Kamis, 14 April 2016

LIMA TATAPAN BERNILAI IBADAH

Tahukah kamu, ada Lima tatapan manusia, yang ternyata bernilai ibadah:
1. Menatap wajah Ibu-Bapak. Mungkin inilah alasan mengapa sebagai anak kita harus berbakti kepada orangtua. Mengunjungi beliau saat jauh. Jadi, saat sedang mengobrol dengan Ibu dan Bapak, upayakanlah untuk menatap wajah mereka. Jangan sampai sudah mengorbankan waktu pulang ke kampung halaman, kita justru menatap layar gadget saat mengobrol dengan beliau.
http://family.fimela.com/resources/news/2013/08/21/1212/paging/2105/640xauto-tips-untuk-ibu-baru-menjalin-ikatan-dengan-bayi-kecilmu-130821i-2.jpg
2. Menatap wajah suami-istri. Dibandingkan menatap wajah orangtua, agaknya tren yang lebih berkembang di masyarakat adalah menatap wajah Suami atau Istri. Sehingga menikah memang salah satu sunah rasul yang harus sangat diupayakan.
3. Menatap Ka'bah. Siapa yang tak ingin naik haji? Mari luruskan niat. Bahwa menunaikan ibadah haji bukanlah semata perkara kesiapan lahir batin. Sebab ada nilai ibadah yang muncul ketika kita menatap Ka’bah. Jadi, tak ada salahnya kita memajang foto Ka’bah di rumah. Semoga bisa disegerakan berkunjung ke Rumah Allah tersebut.
4. Menatap Al Quran. Hanya dengan menatap ayat-ayat Al-quran, sudah mendapatkan nilai ibadah, paham atau tidak paham sudah dinilai ibadah. Apalagi sambil membacanya, memahami maknanya, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menatap wajah alim ulama. Mungkin bagi sebagian orang, berkecimpung dengan ulama bukanlah hal populer. Tapi tak masalah. Cara sederhana untuk bisa mendapatkan nilai ibadah dari menatap wajah para alim ulama tak harus repot jauh-jauh datang ke tempat beliau yang memang jauh. Minimal, datanglah pada kajian-kajian yang diadakan di lingkungan tempat tinggal. Salah satunya datang ke Kajian Ahad Dhuha Masjid Istiqlal. Upayakanlah untuk datang di awal waktu. Menunaikan sholat Dhuha di sana. Kemudian duduk di barisan terdepan.

Kelima poin di atas disampaikan dalam Kajian Ahad Dhuha, 10 April 2016. Kajian diadakan rutin setiap Hari Minggu pekan kedua dan keempat, pukul 08.00 WIB. Kajian tersebut diisi oleh Aa Gym dan Ustaz Yusuf Mansur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar