Laman

Senin, 09 November 2015

Makna Kata 'Ashar'

Dalam Kajian Tauhid dua pekanan di Masjid Istiqlal bulan November ini, Aa Gym mendatangkan seorang ulama besar dari Syiria. Pria berjanggut putih yang merupakan penghulu pertama dari negaranya itu sedang melakukan lawatan ke Indonesia. Sebut saja Pondok pesantren binaan Yusuf Mansur, Arifin Ilham, berbagai pondok pesantren di Jawa Tengah serta Tebu Ireng di Jombang telah ia datangi. Dan di pekan kedua ini, giliran Aa Gym yang menjamunya di Istiqlal. Menurut Aa Gym, ulama tersebut terhitung dua kali berkunjung ke Ponpes Daarut Tauhid.

Dalam ceramahnya, ulama Syiria yang telah mengarang setidaknya 80 judul serta hapal 70.000 hadist Rasulullah itu mengangkat tema tentang makna kata Ashar. Menurutnya, Ashar memiliki dua makna yaitu 'Shalat Ashar' dan 'Zamanmu'. Ia menyampaikan bahwa barang siapa yang tertinggal shalat Ashar, maka seolah-olah ia telah kehilangan seluruh harta bendanya. Ibarat seseorang keluar dari rumahnya sebelum Ashar, dna ketika kembali selepas Ashar ia mendapati seluruh isi rumahnya telah lenyap.

Untuk makna kedua, Ashar berarti 'Zamanmu'. Pada bagian ini beliau menyampaikan bahwa manusia mengenal tiga jenis waktu dalam hidupnya. Pertama waktu untuk beramal shaleh. Manusia yang memnfaatkan hidupnya untuk waktu ini akan mendapatkan pahala dunia dan akhirat. Misalnya dengan mendapatangi majelis-majelis ilmu. Disampaikan olehnya bahwa "Satu majelis ilmu lebih baik daripada 60 tahun ibadah". Kedua, waktu untuk beramal tidka baik. Dan ketiga yaitu waktu kosong tanpa amalan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar