Laman

Kamis, 16 April 2015

Drama Max Havelaar


Polisi: Tuanku, inilah lelaki yang membunuh Bethsy.

Hakim: Dia harus digantung. Bagaimana cara dia melakukannya?

Polisi: Dia mencincang dan menggarami tubuh Bethsy.

Hakim: Dia penjahat besar. Dia harus digantung.

Lothario: Tuanku, saya tidak membunuh Bethsy; saya memberinya makanan, pakaian, dan merawatnya. Saya bisa memanggil saksi-saksi yang akan membuktikan bahwa saya lelaki baik, dan bukan pembunuh.

Hakim: Kau harus digantung. Kau memperparah kejahatanmu dengan kesombongan. Tidaklah pantas bagi seseorang yang... dituduh bersalah untuk menganggap dirinya orang baik.

Lothario: Tapi, Tuanku... ada saksi-saksi yang bisa membuktikannya; dan karena saya dituduh membunuh...

Hakim: Kau harus digantung. Kau mencincang Bethsy--Kau menggarami potongan-potongan tubuhnya--dan kau merasa puas dengan perbuatanmu--tiga tuduhan berat--siapakah kau, wahai perempuan?
Perempuan; Saya Bethsy.

Lothario: Sykurlah! Lihat, Tuanku, saya tidak membunuhnya.

Hakim: Hmm!--ya--begitu! Bagaimana dengan penggaramannya?

Bethsy: Tidak, Tuanku, dia tidak menggarami saya--sebaliknya, dia melakukan banyak hal untuk saya ... dia  lelaki terhormat!

Lothario: Anda mendengar sendiri, Tuanku, dia mengatakan saya lelaki jujur

Hakim: Huh!--tuduhan ketiga masih berlaku. Bawa pergi tawanan ini! Dia harus digantung; dia bersalah karena kesombongannya.

(Drama yang tidak dipublikasikan dalam novel Max Havelaar karya Multatuli, terbitan Qanita, 2014: 15-16).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar